Tinjauan Deskriptif Cerita Rakyat Asal Mula Danau Toba terhadap Proses Belajar Mengajar Siswa Sekolah Dasar Sebagai Bahan Pembelajaran Berbahasa Lisan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4356Abstract
Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui respon siswa kelas 4 sekolah dasar terhadap proses pembelajaran berbahasa lisan menggunakan bahan ajar cerita rakyat. Pendekatan yang dipakai peneliti dalam penelitian kali ini memiliki sifat kualitatif deskriptif serta memanfaatkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berbagai sumber materi serta data didapatkan melalui beberapa buku, jurnal, dan artikel terkait. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ini didapatkan lah hasil yakni penggunaan cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” sebagai bahan ajar memberikan stimulus yang efektif dalam meningkatkan motivasi, ketertarikan, dan keterampilan berbahasa lisan siswa yang didukung dengan evaluasi berkelanjutan.