Tinjauan Deskriptif Cerita Rakyat Asal Mula Danau Toba terhadap Proses Belajar Mengajar Siswa Sekolah Dasar Sebagai Bahan Pembelajaran Berbahasa Lisan

Authors

  • Jessica Lucia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Widjojoko Widjojoko Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4356

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui respon siswa kelas 4 sekolah dasar terhadap proses pembelajaran berbahasa lisan menggunakan bahan ajar cerita rakyat. Pendekatan yang dipakai peneliti dalam penelitian kali ini memiliki sifat kualitatif deskriptif serta memanfaatkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berbagai sumber materi serta data didapatkan melalui beberapa buku, jurnal, dan artikel terkait. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ini didapatkan lah hasil yakni penggunaan cerita rakyat “Asal Mula Danau Toba” sebagai bahan ajar memberikan stimulus yang efektif dalam meningkatkan motivasi, ketertarikan, dan keterampilan berbahasa lisan siswa yang didukung dengan evaluasi berkelanjutan.

Published

2024-05-03

How to Cite

Lucia, J., & Widjojoko, W. (2024). Tinjauan Deskriptif Cerita Rakyat Asal Mula Danau Toba terhadap Proses Belajar Mengajar Siswa Sekolah Dasar Sebagai Bahan Pembelajaran Berbahasa Lisan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4900-4905. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4356