Analisis Pemahaman Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Susanto Susanto Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ari Kriswinarti Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Yuliana Emi Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat deskripsi pemahaman guru-guru terkait implementasi kurikulum merdeka pada persekolahan Marie Joseph yang mencakup jenjang TK dan SD. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah survey melalui angket yang disebarkan kepada guru-guru. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 guru sebagai responden. Dari hasil penelitian yang didapat, diketahui bahwa pemahaman guru-guru berada dalam rentang 25%-50% akan kurikulum merdeka. Faktor yang menjadi penghambat adalah minimnya pengalaman akan implementasi kurikulum merdeka serta kurangnya referensi belajar yang mendukung pemahaman guru.

Published

2024-05-03

How to Cite

Susanto, S., Kriswinarti, A. ., Emi, Y. ., Warneri, W., & Aunurrahman, A. (2024). Analisis Pemahaman Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 5020-5024. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4363