Konsep Perencanaan Karier Kedua (Second Career by Design) dalam Era Perubahan

Authors

  • Faizal Karni Universitas Indonesia
  • Muhammad Azis Muslim Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4366

Abstract

Penelitian ini membahas tentang transformasi pembinaan personal dalam mewujudkan TNI AD berkelas dunia sebagai kekuatan utama pertahanan dalam rangka menegakkan kedaualatan negara. Parameter berhasilnya pembinaan personel TNI AD dapat dilihat dari terwujudnya Right Sizing Organisasi, yaitu organisasi yang tepat ukuran dan terukur sehingga besar kecilnya suatu organisasi ditentukan oleh tupoksi, beban kerja dan tanggungjawab serta wewenang yang terukur dan dapat dipertanggungjawabkan, sesuai keentuan dan peraturan yang berlaku. Fokus penelitian yang diangkat yakni: 1) Bagaimana Konsep Second Career by Design yang perlu disusun dihadapkan pada kondisi personel saat ini. 2) Bagaimana regulasi dan strategi kerjasama antar kelembagaan yang perlu disusun untuk mendukung kegiatan tersebut. 3) Bagaimana mensinkronkan penyiapan personel untuk Second Career tanpa mengurangi pemenuhan kemampuan di bidang militer? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kepustakaan. Penelitian dilaksanakan dengan menggambarkan, mencatat, menganalisis dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang sedang terjadi saat ini dengan pendekatan empiris. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Transformasi pembinaan personel dalam meningkatkan kualitas prajurit dilaksanakan melalui berbagai upaya pembinaan personel dalam arti luas, yang mencakup dua aspek, yaitu aspek pembinaan tenaga manusia (Binteman) dan aspek pembinaan personel (Binpers) prajurit sebagai individu perorangan yang meliputi penyediaan, pendidikan, penggunaan, perawatan, dan pemisahan prajurit, yang saling keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

Published

2024-05-01

How to Cite

Karni, F., & Muslim, M. A. . (2024). Konsep Perencanaan Karier Kedua (Second Career by Design) dalam Era Perubahan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4558-4567. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4366