Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4374Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas tinggi dengan jumlah sampel 105 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan nilai tes formatif PPKn. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan antara keceradasan emosional dengan hasil belajar PPKn dengan kekuatan hubungan tergolong rendah. Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar PPKn dengan kontribusi kecerdasan emosional sebesar 25,2% dengan hasil belajar PPKn. Pentingnya kecerdasan emosional bagi siswa dapat membantu siswa dalam mengatur diri sendiri, memiliki empati, memiliki pengaturan diri, motivasi dalam belajar dan kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu diperlukan kecerdasan emosional dalam proses pembelajaran siswa.