Model Pembelajaran Klasikal terhadap Minat Belajar Anak

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4388

Abstract

Penelitian ini bermula dari permasalahan utama yaitu kurangnya minat belajar anak usia dini dikelas pada sekolah TK Kartika XIII Densipur yang menggunakan model pembelajaran klasikal. Adapun masalah yang muncul pada anak-anak di sekolah ini yaitu sebagaian anak kurang aktif dalam smenyimak dikelas saat guru mengajar dan kurang berpatisipasi dalam menyelesaikan tugas belajarnya maupun kehadiran berangkatnya anak ke sekolah. Salah satu penyebabnya yaitu proses pembelajaran dikelas bersama dengan gurunya. Sehingga tidak terlihatan minat belajar dan ketertarikan anak-anak untuk mengikuti kegiatan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah triangulasi data. Setelah di simpulkan bahwa pembelajaran model klasikal mencerminkan keilmuan dan kemampuan seorang guru dalam mempersiapkan kegiatan belajar yang dapat mempengaruhi minat dan ketertarikan belajar anak. Minat belajar anak dapat berkembang dengan sangat baik apabila seorang guru mempunyai banyak ide kreatif dan memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih kegiatan belajarnya sendiri.

Published

2024-05-01

How to Cite

Model Pembelajaran Klasikal terhadap Minat Belajar Anak. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4426-4431. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4388