Nilai-Nilai Multikultural pada Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XII Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4389Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang terdapat pada materi konsep bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah Aliyah. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang terdapat pada materi fakta bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah Aliyah. (3) Untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang terdapat pada materi prinsip bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah Aliyah. (4) Untuk mengetahui nilai-nilai multikultural yang terdapat pada materi sikap dan nilai bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah. Adapun tekhnik analisis data nya menggunakan tekhnik analisis isi (Content Analysis). Tekhnik ini digunakan untuk menganalisis data-data kualitatif. Pada aspek materi konsep pada Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah Aliyah terbitan Kemenag maupun Erlangga, menunjukkan bahwa definisi, atribut, karakteristik, label atau ide, gagasan, pengertian, ciri khusus, hakikat, inti/ isi dalam buku tersebut terdapat nilai-nilai multikutural yaitu nilai demokratis, nilai humanis dan nilai pluralisme. Hasil analisis yang telah peneliti lakukan pada aspek materi fakta buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII Madrasah Aliyah terbitan Kemenag maupun Erlangga, menunjukkan bahwa materi terkait peristiwa-peristiwa, data-data yang memiliki esensi objek dan waktu, seperti nama dan tahun yang berhubungan dengan peristiwa atau sejarah dalam buku tersebut sebagian besar banyak memberikan pengalaman sejarah kepada peserta didik untuk belajar banyak hal mengenai nilai-nilai multikultural baik nilai demokratis, nilai humanisme maupun nilai pluralisme.