Pengaruh Media Pembelajaran Infografis Pada Mata Pelajaran Sejarah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN Tuah Gemilang Kelurahan Sungai Piring Kabupaten Indragiri Hilir
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4405Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan media infografis pada pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Tuah Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir. 2) Apakah ada pengaruh media pembelajaran infografis terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah pada kelas X SMA Negeri Tuah Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir. 3) Apakah penggunaan media infografis memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Tuah Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif quasi eksperimen – non equevalent control group. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Tuah Gemilang kabupaten Indragiri hilir. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini kelas Xb sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media infografis dan kelas Xc sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data post-test tersebut diperoleh nilai thitung = 2,641 dengan (dk) = n1 + n2 – 2 = 49 maka ttabel = 2,009. Karena thitung<ttabel yaitu 2,641 < 2,009. Sedangkan berdasarkan analisis koefisien determinasi simultan (R2) di peroleh angka yang signifikan yaitu 0,856 atau 85 %. Dengan demikian hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: terdapat pengaruh antara penggunaan media infografis pada mata pelajaran sejarah terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri Tuah Gemilang Kabupaten Indragiri Hilir.