Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Sikap Konsumtif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4411Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap sikap konsumtif siswa. Sikap konsumtif merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap sutau objek terhadap penggunaan atau pembelian sutau produk barang atau jasa secara berlebihan yang sebenarnya tidak diperlukan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan digabung dengan kualitatif. Penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode eksperimen bentuk one grup pretest-posttest design, dengan rancangan satu kelompok subjek kemudian di gabung dengan penelitian kualitatif berupa wawancara. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas 11 sebanyak 9 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif peneliti berupaya untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah dikumpulkan dengan mengkategorisasi tinggi, sedang, rendah, uji wilcoxon dan uji n-gain ternormalisasi. Hasil penelitian dari sembilan subjek bahwa siswa merasakan kesan yang positif pada saat layanan bimbingan kelompok dimulai dari pertemuan awal hingga pertemuan terakhir bahwa berdasarkan hasil wawancara pada siswa, siswa telah memenuhi kriteria sikap yang diharapkan. Siswa sudah memahami kognitif, afektif, serta konatif terhadap perilaku konsumtif. Maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap sikap konsumtif siswa.