Kemampuan Literasi Numerasi pada Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Number Sense di SMP

Authors

  • Neky Neky Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Bistari Bistari Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4412

Abstract

Fokus penelitian adalah untuk mengevaluasi dampak penggunaan pendekatan Number Sense dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa dalam konteks materi bilangan bulat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi siswa setelah melalui pembelajaran dengan pendekatan Number Sense. Temuan utama menunjukkan bahwa fleksibilitas berpikir siswa mengalami peningkatan yang substansial, sementara motivasi belajar siswa juga meningkat secara nyata. Pendekatan ini dianggap sangat penting dalam membangun literasi numerasi siswa, terutama dalam konteks materi bilangan bulat, serta dalam meningkatkan kemampuan komputasi dan pemahaman konsep matematika secara mendalam. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan pendekatan Number Sense memberikan dampak positif terhadap pemahaman, fleksibilitas berpikir, motivasi belajar, dan literasi numerasi siswa, terutama dalam konteks materi bilangan bulat. Selain itu, terdapat perkembangan yang signifikan dalam kemampuan literasi numerasi siswa pada berbagai tingkatan, dengan peningkatan mencapai 52% pada level 1 (knowing), 31% pada level 2 (applying), dan 16% pada level 3 (reasoning). Penelitian ini memberikan kontribusi yang penting dalam memperkuat dasar pembelajaran matematika yang efektif dan efisien di tingkat sekolah menengah.

Published

2024-05-01

How to Cite

Neky, N., Hamdani, H., & Bistari, B. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi pada Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Number Sense di SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4638-4647. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4412