Penerapan Media Pembelajaran Pohon Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar

Authors

  • Flaviana Yunita Moi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti Ngada, Indonesia
  • Ferdinandus Bate Dopo Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti Ngada, Indonesia
  • Florentianus Dopo Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti Ngada, Indonesia
  • Konstantinus Dua Dhiu Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti Ngada, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4415

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi dengan menjadikan mahasiswa sebagai agen perubahan, yang membantu meningkatkan kualitas pendidikan terlebih khusus di bidang literasi, yang membuat peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami bacaan, berpikir kritis dan logis, serta menyimpulkan sesuai dengan apa yang didapat.  Pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 5 di UPTD SDN Damu, mencakup beberapa program kerja yakni, terciptnya kolaborasi antara mahasiswa dan para guru di lapangan yang berupa Assistensi mengajar, dengan memantapkan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu program kerja yang di buat adalah penerapan media pembelajaran pohon literasi dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Metode yang digunakan selama masa pengabdian adalah metode pelaksanaan dimana mahasiswa memiliki kemampuan untuk membuat alat peraga pohon literasi, sebagai media pembelajaran yang menjadi solusi untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca.

Published

2024-05-01

How to Cite

Moi, F. Y. ., Dopo, F. B. ., Dopo, F. ., & Dhiu, K. D. . (2024). Penerapan Media Pembelajaran Pohon Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di Sekolah Melalui Program Kampus Mengajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4666-4669. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4415