Analisis Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan P5 Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4418Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu terkait bagaimana proses kegiatan P5 yang ada di UPT SD Negeri 49 Gresik, peneliti ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu mendeskriptifkan proses kegiatan P5 yang ada di UPT SD Negeri 49 Gresik dan juga nilai karakter apa saja yang terkandung di dalam kegiatan tersebut, dengan menggunakan tiga tehnik pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara dan juga dokumentasi, pada tahapan analisi data peneliti menggunakan tehnik analsisi data dari miles and huberman, dengan langkah-langkah redaksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pada hasil penelitian kali ini peneliti menemukan nilai nilai karakter yang terdapat pada kegiatan P5 salah satunya bergotong royong, mandiri, berfikir kritis, toleransi, disiplin, kerja keras, dan juga kreatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu memang dalam kegiatan P5 terdapat banyak nilai karakter siswa yang muncul, Sama halnya yang terdapat pada penelitian terdahulu, akan tetapi penelitian terdahulu hanya terfokus pada 1 titik karakter yang muncul yaitu kreatifitas anak.