Pengembangan Pembelajaran Daring Menggunakan Metode ADDIE Pada Topik Computational Thinking dan Pemrograman Dasar

Authors

  • Julius Bata Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4421

Abstract

Keterampilan computational thinking merupakan salah satu keterampilan utama pada abad ke-21. Keterampilan computational thinking dapat diajarkan kepada siswa melalui pemrograman komputer. Pemgoraman komputer telah menjadi literasi digital dan diajarkan kepada siswa untuk semua jenjang pendidikan. Namun demikian, pemrograman adalah topik yang kompleks dan menyulitkan bagi para siswa. Salah satu penyebab siswa sulit belajar pemrograman adalah model pembelajaran konvesional yang digunakan dalam pengajaran pemrograman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran daring untuk topik computational thinking dan pemrograman dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran utama yang digunakan dalam pembelajaran daring adalah video.

Published

2024-05-01

How to Cite

Bata, J. (2024). Pengembangan Pembelajaran Daring Menggunakan Metode ADDIE Pada Topik Computational Thinking dan Pemrograman Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4691-4696. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4421