Pengembangan Pembelajaran Daring Menggunakan Metode ADDIE Pada Topik Computational Thinking dan Pemrograman Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4421Abstract
Keterampilan computational thinking merupakan salah satu keterampilan utama pada abad ke-21. Keterampilan computational thinking dapat diajarkan kepada siswa melalui pemrograman komputer. Pemgoraman komputer telah menjadi literasi digital dan diajarkan kepada siswa untuk semua jenjang pendidikan. Namun demikian, pemrograman adalah topik yang kompleks dan menyulitkan bagi para siswa. Salah satu penyebab siswa sulit belajar pemrograman adalah model pembelajaran konvesional yang digunakan dalam pengajaran pemrograman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran daring untuk topik computational thinking dan pemrograman dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pembelajaran utama yang digunakan dalam pembelajaran daring adalah video.