Program Pengasuhan Orang Tua dan Guru dalam Toilet Training Bagi Anak Usia 3-4 Tahun di TK Muslimat NU 1 Khodijah

Authors

  • Sunarti Sulistyowati Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Erna Budiarti Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4450

Abstract

Salah satu peran guru yaitu memberikan pembelajaran Toilet Training pada anak. Toilet training adalah langkah penting dalam pengembangan anak usia dini, dan penelitian ini mengeksplorasi bagaimana peran guru dalam proses ini telah berubah dengan munculnya pendekatan baru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peran orang tua dalam penerapan toilet training bagi anak usia 3-4 tahun, dengan fokus praktik yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Kebaruan penelitian ini terletak pada penerapan pendekatan yang lebih empatik, berpusat pada anak, dan berlandaskan bukti ilmiah dalam toilet training, serta adaptasi metode klasik ke dalam konteks pendidikan anak usia dini. Hasil dari penelitian ini yaitu diharapkan Anak menunjukkan bahwa ia telah mencapai kemampuan pergi ke toilet tanpa kehadiran orang tua, yang menunjukkan toilet training. Lebih lanjut ia membenarkan bahwa ia berhasil mengendalikan buang air kecilnya baik di pagi maupun sore hari, yang menunjukkan kemampuannya dalam mengendalikan diri. Kemampuan melepas celana sendiri juga diperlihatkan yang menunjukkan kemandiriannya.

Published

2024-06-01

How to Cite

Sulistyowati, S. ., & Budiarti, E. . (2024). Program Pengasuhan Orang Tua dan Guru dalam Toilet Training Bagi Anak Usia 3-4 Tahun di TK Muslimat NU 1 Khodijah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5237-5240. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4450