Penggunaan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4452Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kekatifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan pendekaran TaRL di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 124/IX Tanjung Pauh. Hasil pada penelitian ini dimana mengalami peningkatan dimana pada awal pratindakan mendapat presentase keaktifan belajar sebesar 42,62% pada siklus I pertemuan I setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan pendekatan TaRL meningkat menjadi 49,35%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 54,48%, pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 60,89%, pada silus II petemuan II meningkat menjadi 68,26, pada siklus III pertemuan I meningkat menjadi 73,07% dan pada siklus III pertemuan II meningkat menjadi 80,12%. Dan hasil tindakan pada hasil belajar peserta didik sebelum di berikan tindakan nilai persentase ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 15,38%, setelah di berikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 34,61% dan kemudian terjadi peningkatan kembali pada Siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 53,84% dan kemudian terjadi peningkatan kembali pada Siklus III dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 80,76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dimana dapat dilihat bahwasanya dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakanpendekatan TaRL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS.