Strategi Pemasaran UMKM Kuliner di Riau Garden dalam Menghadapi Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4453Abstract
Perkembangan teknologi dan persaingan usaha yang semakin tinggi membuat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus memiliki strategi pemasaran yang baik untuk tetap dapat bersaing dengan para kompetitor di era digital. Akan tetapi, masih banyak UMKM yang belum menerapkan teknologi informasi khususnya menggunakan media digital dan belum mengerti seberapa besar manfaat dan peranan penggunaan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran UMKM Kuliner di Riau Garden dalam Menghadapi Era Digital. Metode penelitian dalam penelitian menggunakan mix method dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Usaha UMKM Kuliner di Riau Garden memiliki nilai total 2,77 pada faktor internal dan nilai total 2,97 pada faktor eksternal. Usaha UMKM Kuliner di Riau Garden berada pada posisi sel V, yang dapat menggunakan strategi pertahanan dan pemeliharaan. Penelitian ini menghasilkan 5 alternatif strategi pada Usaha UMKM Kuliner di Riau Garden yaitu dengan memanfaatkan dukungan dari pemerintah daerah untuk mendukung pertumbuhan usaha, mempertahankan kualitas produk fresh untuk menghasilkan produk yang unggul (bestseller), mengutamakan kepuasan konsumen dengan tersedia variasi pilihan produk serta memaksimalkan promosi online dengan selalu update di media sosial untuk menjangkau calon pelanggan baru.