Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Farikhatuz Zahro Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Ermawati Zulikhatin Nuroh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4454

Abstract

Media pembelajaran dapat menjadi penunjang dalam mencapai tujuan pembelajaran di kelas. Media pembelajaran memiliki perang penting khususnya pada pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh media vidio animasi PowToon terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia Peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengambilan sample jenuh sebanyak 34 peserta didik. Meliputi 17 siswa kelas 2A (kelompok kontrol) dan 17 siswa kelas 2B (kelompok eksperimen). Analisis data meliputi uji hipotesis dengan menggunakan uji normalitas,uji homogenitas,uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata rata nilai Posttest kelas eksperimen sebesar 44,0 dan nilai tertinggi sebesar 48,0 sedangkan nilai rata rata kelas kontrol sebesar 31,0 sehingga terdapat perbedaan yang cukup besar diantara keduanya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media vidio animasi lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa sekolah dasar dibandingkan dengan metode ceramah.

Published

2024-06-01

How to Cite

Zahro, F. ., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5247-5254. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4454