Profil Keterampilan Berpikir Analisis Calon Guru IPA Pada Perkuliahan Fisika Dasar Berbantuan Media Virtual Laboratory
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4466Abstract
Keterampilan berpikir analitis sangat penting bagi siswa untuk mengatasi masalah secara efektif. Fisika merupakan komponen penting dari IPA yang membutuhkan kemampuan kognitif tingkat tinggi untuk pemecahan masalah. Investigasi ini mengambil bentuk studi deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemahiran berpikir analitis siswa. Kelompok yang diteliti terdiri dari 24 individu yang terdaftar dalam kursus fisika dasar. Tes deskriptif berfungsi sebagai alat utama dalam penelitian ini, khusus dirancang untuk menilai indikator keterampilan berpikir analitis yang mencakup diferensiasi, organisasi, dan korelasi. Analisis data mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir analitis siswa didistribusikan sebagai berikut: 16,67% menunjukkan keunggulan, 79,16% menunjukkan kemahiran, dan 4,17% menunjukkan ketidakmampuan. Selanjutnya, rincian kecakapan berpikir analitis siswa di berbagai indikator mengungkapkan skor 95,14 (sangat baik) untuk diferensiasi, 99,30 (sangat baik) untuk organisasi, dan 51,74 (adil) untuk korelasi.