Sikap Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Telkom Pekanbaru

Authors

  • Nur Suci Diniah Universitas Riau, Indonesia
  • Hasnah Faizah Universitas Riau, Indonesia
  • Elvrin Septyanti Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4469

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan, yaitu sebagian siswa SMP Telkom Pekanbaru di kelas IX diketahui bahwa masih banyak peserta didik memiliki sikap negatif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Seperti tidak semangat mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia, menganggap belajar bahasa Indonesia tidak penting, selain itu tidak memiliki rasa bangga, kurang memiliki rasa tanggung jawab dan cenderung bersikap tidak menghargai. Hal ini muncul disebabkan oleh persepsi negatif siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan sikap belajar siswa ditinjau dari aspek afektif dalam pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas IX SMP Telkom Pekanbaru (2) Untuk mendeskripsikan sikap belajar siswa ditinjau dari aspek konatif dalam pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas IX SMP Telkom Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Telkom. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menilai sikap siswa adalah dengan menghitung rata-rata jawaban berdasakan skor setiap jawaban dari responden. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini termasuk kategori “baik” meskipun beberapa siswa juga memberikan tanggapan “kurang baik”.

Published

2024-05-03

How to Cite

Diniah, N. S. ., Faizah, H. ., & Septyanti, E. . (2024). Sikap Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Telkom Pekanbaru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4973-4980. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4469