Analisis Pemecahan Masalah Fluida Dinamis dengan Metode Computational Thinking pada Program Studi Teknik Mekanikal Bandar Udara
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4475Abstract
Kemampuan berpikir secara sistematis, kritis, dan logis adalah kemampuan yang penting dalam pembelajaran di abad ke-21. Dikatakan bahwa Computational Thinking adalah kemampuan penting yang harus dimiliki siswa, karena pada prosesnya pemecahan masalah tidak hanya focus pada memecahkan masalahnya tetapi juga bagaimana proses pemecahannya. Computational Thinking merupakan proses berpikir yang diperlukan dalam memformulasikan masalah dan solusinya. Sebagai Langkah awal untuk mempersiapkan strategi yang bisa digunakan dalam meningkatkan kemampuan Computational Thinking taruna calon teknisi penerbangan, maka perlu dianalisis terlebih dahulu bagaimana kemampuan Computational Thinking taruna. Analisis dilakukan terpusat pada mata pelajaran fisika kususnya fluida dinamis yang merupakan mata pelajaran penting untuk taruna program studi Teknik Mekanikal Bandara. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah taruna Program Studi Teknik Mekanikal Bnadara Politeknik Penerbangan Indonesia Curug sebanyak 48 taruna. Teknik penentuan responden adalah random sampling method. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah dua soal pemecahan masalah fisika. Hasil dari dilakukannya analisis menyatakan bahwa mayoritas siswa telah mampu menerapkan computational thingking pada pemecahan masalah fisika dengan persentase keberhasilan 98%, dan hanya sebagian kecil yang tidak menyertakan komponen tertentu. Temuan yang lain adalah kurang telitinya sebagian kecil dari responden yang menyebabkan hasil akhir salah dan kurangnya satuan pada hasil akhir.