Efek Keaktifan Siswa dalam Sistem Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4479

Abstract

Mata pelajaran Matematika di lingkungan sekolah merupakan mata pelajaran yang sangat tidak disenangi oleh siswa setingkat SMP. Metode pembelajaran yang biasa dilakukan seperti tatap muka dapat memberikan efek yang tidak berkembang dan tidak menarik oleh siswa. Pada kurikulum Merdeka belajar di tahun 2023 ini, memberikan peluang bagi guru dalam mengembangkan metoda pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika di kelas. Penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa berdasarkan indikator-indikator yang telah diamati. Peningkatan tersebut ada pada siswa mulai aktif memperhatikan penjelasan dari guru, siswa mulai aktif membaca materi, siswa aktif dalam kegiatan diskusi selama proses pembelajaran, siswa aktif dan berani untuk mengajukkan pertanyaan kepada guru saat menerima materi yang kurang jelas, siswa aktif dalam mendengarkan penyajian bahan ajar dari guru, siswa mendengarkan teman lain yang sedang berdiskusi, siswa aktif mencatat materi tanpa disuruh oleh guru, siswa mengerjakan proyek yang diberikan oleh guru, siswa menyelesaikan proyek yang diberikan oleh guru, dan siswa terlibat dalam penyelesaian masalah saat diskusi. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil tes belajar menunjukkan persentase ketuntasan dikategori sering dengan nilai berkisar antara 76-100, tetapi lebih tinggi dengan nilai 0 – 25, hal ini membuktikan bahwa metoda problem-based learning dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas dengan jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 20 siswa.

Published

2024-06-01

How to Cite

Efek Keaktifan Siswa dalam Sistem Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5326-5334. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4479