Membangun Fondasi Budaya Belajar Berbasis Etika dan Moral
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4483Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun dasar-dasar budaya belajar yang berlandaskan etika dan moral. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan nilai-nilai etika dan moral dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga memiliki karakter yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fondasi budaya belajar berbasis etika dan moral dapat dibangun melalui beberapa komponen, yaitu: (1) pengembangan kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai etika dan moral; (2) pelatihan dan pengembangan kompetensi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis etika dan moral; (3) penciptaan lingkungan belajar yang mendukung internalisasi nilai-nilai etika dan moral; dan (4) pelibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung budaya belajar berbasis etika dan moral.