Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Materi Kubus dan Balok

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4491

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana validitas dan Efektifitas Modul Matematika berbasis penemuan terbimbing pada siswa kelas V di SD di wilayah Kelurahan Purwanegara. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R’n D) atau Metode Pengembangan yang dibatasi pada pengembangan sederhana, dengan tahapan uji validasi ahli media, dan ahli materi, lalu pengujian terbatas pada beberapa siswa, uji terbatas pada kelas eksperimen, uji luas pada kelas eksperimen. Hasil dari uji validitas melalui validasi ahli materi diperoleh penilaian terhadap modul matematika dari Jumlah Skor 80 dengan jumlah butir penilaian 19, maka didapat rata-rata 4,21 menunjukkan skor penilaian sudah melebihi 3,0 ( X > 3,0 = Sangat Layak) sehingga dikatakan modul matematika sangat layak. Sedangkan hasil validasi yang diberikan oleh ahli media terhadap angket respon siswa diperoleh jumlah skor 38 dari 8 butir penilaian, maka diperoleh rata-rata skor 4,75. Rata-rata skor ini > 3,00, maka termasuk dalam kategori Sangat Layak untuk digunakan dalam penelitian. Hasil uji validitas terhadap siswa melalui angket yang diberikan kepada responden diperoleh X  = 3,47 , karena X > 3,0 maka bahan ajar dalam modul dinilai sangat layak untuk digunakan. penilaian oleh guru kelas terhadap modul matematika melalui angket respon guru diperoleh rata-rata 3,78, hal ini menunjukkan rata-rata nilai > 3,00, maka modul matematika yang dibuat oleh peneliti dapat digunakan. Secara umum memenuhi kategori sangat layak untuk digunakan. Studi ini menyarankan pengembangan lebih lanjut dalam penelitian pengembangan (R’n D) dapat menggunakan sampel lebih luas dengan menggunakan lima tahapan dalam penelitian pengembangan pada penerapan dan penilaian produk.

Published

2024-06-01

How to Cite

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Materi Kubus dan Balok. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5504-5508. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4491