Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap Kemampuan Membaca Kemampuan Siswa

Authors

  • Ayun Fillaili Arum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4494

Abstract

Rendahnya kemampuan memahami serta membaca akan memberi efek pada kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yakni pada kemampuan membaca pemahaman. Ketidakmampuan itu akan menyulitkan siswa saat mencari gagasan pokok pada suatu bacaan, kesulitan dalam menyimpulkan suatu teks dan juga akan kesulitan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa di Sekolah Dasar. Dan metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metode One group pretest posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% yang memperoleh nilai sig (2-tailed) sebanyak 0,000 < 0,05 yang mana hal ini menunjukkan bahwa metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Published

2024-06-01

How to Cite

Arum, A. F. ., & Liansari, V. . (2024). Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap Kemampuan Membaca Kemampuan Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5683-5688. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4494