Pengembangan E-Booklet untuk Meningkatkan Literasi Budaya pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4513Abstract
Perlunya literasi budaya diperkenalkan kepada siswa sekolah dasar untuk menghargai budaya di Inddonesia. Tujuan penelitian ini mengembangkan e- booklet yang dapat meningkatkan literasi budaya pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Richey dan Klein yang memiliki tiga tahapan yaitu perencanaan, produksi, dan evaluasi. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dari hasil penilaian validator. Pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna/guru. Hasil validasi ahli media memperoleh skor 84% dengan kategori cukup valid. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 90% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pengguna/guru memperoleh skor 89 % dengan kategori cukup valid. Berdasarkan data penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan e-booklet untuk meningkatkan literasi budaya pada pembelajaran IPS kelas IV sekolah dasar layak digunakan pada kegiatan pembelajaran.