Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4535Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana kebijakan pendidikan dipantau dan dievaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan data perpustakaan, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Berdasarkan hasil studi literatur, pemantauan kebijakan pendidikan mengacu pada pemantauan terhadap situasi dan kondisi, termasuk tindakan dan kegiatan yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan dalam bentuk peraturan pendidikan, kurikulum, proses pembelajaran, dan seluruh tindakan pemerintah terkait pendidikan. Untuk mendapatkan gambaran tentang pendidikan dan mengetahui apa, mengapa, dan bagaimana keadaan pendidikan saat ini. Ada delapan model pemantauan yang umum digunakan yaitu model penilaian berorientasi tujuan, model penilaian tanpa tujuan, model penilaian formatif dan sumatif, model penilaian wajah, dan model penilaian responsif (model penilaian responsif, model penilaian CIPP (CIPP)). Model evaluasi)). Model Evaluasi CSE-UCLA (Pusat Penelitian Evaluasi Universitas California, Los Angeles), Model Evaluasi Discrepant.