Perspektif Mahasiswa International Student Mobility Indonesia terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Malaysia

Authors

  • Alifiah Cahyarani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Imam Fauji Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4543

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa efektivitas program International Student Mobility dari perspektif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang melakukan pembelajaran Bahasa Arab di Universitas Sultan Zainal Abidin Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara, observasi serta dokumentasi. Untuk memastikan keakuratan dan validitas temuan penelitian maka dilakukan juga pengecekan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengikuti program ini mahasiswa mendapatkan pengalaman yang berharga sekaligus harus menghadapi tantangan yang ada. Mereka diberikan fasilitas pembelajaran yang canggih, asrama yang nyaman, ketersediaan sumber daya Bahasa Arab yang melimpah, serta mendapatkan banyak relasi teman lintas negara. Namun dibalik semua itu mahasiswa juga harus mengalami beberapa culture shock seperti bahasa pengantar perkuliahan, sulitnya tingkat pembelajaran, tingkat kedisiplinan yang tinggi, standart pakaian yang berbeda, dan lain sebagainya. Namun mahasiswa melihatnya sebagai kesempatan untuk tumbuh secara akademik maupun personal. Program ini dinilai efektif dan bermanfaat, namun masih perlu peningkatan dalam eksekusi program dan bimbingan. Secara keseluruhan, program ini memberikan banyak benefit bagi mahasiswa dalam bidang akademis, pengalaman hidup, dan pengalaman internasional.

Published

2024-06-01

How to Cite

Cahyarani, A., & Fauji, I. . (2024). Perspektif Mahasiswa International Student Mobility Indonesia terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Malaysia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5758-5763. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4543