Prinsip-Prinsip Desain Pesan dalam Merancang Pembelajaran di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4544Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji prinsip-prinsip desain pesan yang termuat dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan studi pustaka. Bahan kajian yang diolah dalam penelitian ini bersumber dari jurnal-jurnal penelitian dengan topik yang sesuai dengan desain pesan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa prinsip-prinsip desain pesan termuat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas. Prinsip-prinsip desain pesan yang dimaksud adalah kesiapan dan motivasi siswa, memuat alat pemusat perhatian, partisipasi aktif siswa, memuat umpan balik dan juga yang terakhir adanya repetisi atau pengulangan. Prinsip-prinsip desain pesan tersebut tersebar dalam kegiatan pendahuluan, inti dan pendahuluan sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran.