Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama di SMPN 3 dan SMPN 33 Kota Bandung

Authors

  • Herdiana Mulia Supriadi Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Supyan Sauri Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Suharyanto H. soro Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.455

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan alasan untuk mengetahui, apakah kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi  kepemimpinan kepala sekolah dapat menyebabkan  meningkatnya kinerja guru di SMP Negeri. Peran kepala sekolah dan guru yang merupakan objek penelitian berdasarkan teori G.R. Terry tentang konsep manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penggalian informasi dan data menggunakan metode triangulasi yakni observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses manajerial melalui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru belum dapat dilakukan secara baik dan optimal melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pengevaluasian yang disebabkan oleh beberapa hambatan. Kesimpulan peran kepemimpinan kepala sekolah pada prinsipnya mengetahui fungsi dan perannya sebagai  pengelolaan  sekolah cukup berhasil melaksanakan kegiatan bimbingan dan pelatihan terhadap  guru sehingga didapat meningkatnya kinerja guru dalam memberikan pelayanan terhadap peserta didik, akan tetapi dalam meningkatkan kinerja guru  belum maksimal yang disebabkan oleh beberapa hambatan atau kendala yang menjadi permasalahan. Terkait jumlah personil, anggaran dan sarana dan prasarana yang kurang. Meskipun permasalahan-permasalahan tersebut selalu muncul diupayakan diatasi oleh peran pengelola sekolah dalam penyelenggaraan setiap kegiatan atau program kegiatan. Kemampuan kerja sama dengan komite sekolah  dan alumni merupakan bagian yang bersinergi dengan sekolah dalam menunjang sarana dan prasarana.

Published

2022-03-01

How to Cite

Supriadi, H. M., Sauri, S., & soro, S. H. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama di SMPN 3 dan SMPN 33 Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 705-713. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.455