Menggali Potensi Siswa Menuju Prestasi Unggul melalui Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah

Authors

  • Shodiq Purnomo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Wahyudi Taufan Santoso Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Rita Dwi Nawanti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Darsinah Darsinah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Wafrotur Rohmah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4553

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menawarkan pemahaman komprehensif tentang bagaimana kepala sekolah memanfaatkan kepemimpinan instruksional untuk memfasilitasi siswa dalam mencapai potensi penuh mereka dan mencapai prestasi akademik yang luar biasa. Penelitian ini menggunakan gaya penelitian kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif dengan mengumpulkan pernyataan tertulis atau lisan dari orang-orang dan mengamati perilaku mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan metodologi non-statistik, khususnya analisis data deskriptif, untuk menyelidiki data. Hal ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh dari penelitian pemanfaatan kepemimpinan pembelajaran oleh pengelola sekolah disajikan dalam keadaan tidak berubah. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh ringkasan komprehensif informasi dan statistik terkini. Penelitian yang dilakukan di SMP N 16 Surakarta menunjukkan bahwa kepala sekolah mempunyai pengaruh penting dalam meningkatkan standar pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kepala sekolah harus menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang efisien. Implementasi kepemimpinan pembelajaran di SMP N 16 Surakarta didasarkan pada model kepemimpinan pembelajaran Hallinger dan Murphy yang terdiri dari tiga dimensi: penetapan misi sekolah, pengelolaan pembelajaran yang efisien, dan penanaman iklim sekolah yang sesuai.

Published

2024-06-02

How to Cite

Purnomo, S. ., Santoso, W. T. ., Nawanti, R. D. ., Darsinah, D., & Rohmah, W. . (2024). Menggali Potensi Siswa Menuju Prestasi Unggul melalui Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5811-5817. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4553