Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Model Bermain “ASYIK” Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua

Authors

  • Bertyn Mogelea Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4558

Abstract

Pada Kenyataannya di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua masih banyak peserta didik kelompok usia 5-6 tahun yang belum muncul karakter rasa percaya dirinya, dimana sebagian anak karakter rasa percaya dirinya masih rendah. Hal ini ini terjadi disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal, antara lain: (1) Faktor internal, faktor internal yaitu dari dalam diri anak didik, kemampuan anak didik, motivasi anak didik, keyakinan dan percaya diri anak didik, kenyamanan anak didik, kreativitas dan inovatif anak didik; (2) Faktor Eksternal, seperti kreativitas guru masih rendah, kurang memahami dan penguasaan keterampilan dasar guru, guru mengunakan model pembelajaran yang konvensional, pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru, dan kurang efektifnya guru dalam memilih metode, model atau strategi pembelajaran. Model pembelajaran yang tepat untuk mengembangkan karakter rasa percaya diri peserta didik adalah dengan menerapkan model bermain ASYIK sebagai salah satu inovasi model pembelajaran. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan metode penelitian gabungan (Mixed Methods), yaitu dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, dokumentasi dan diskusi teman sejawat (Kolaborator). Hasil penelitian pra siklus (47,22%), setelah pelaksanaan S1T1 meningkat (61,11%), S1T2 menjadi (65,97%), setelah di adakan refleksi dilanjutkan lagi perbaikan pembelajaran pada S2T1 meningkat lagi menjadi (68,05%), dan S2T1 menjadi (80,55), maka terbukti terjadi peningkatan rasa percaya diri anak melalui model bermain “ASYIK” pada anak usia dini TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

Published

2024-06-01

How to Cite

Mogelea, B., & Watini, S. (2024). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Model Bermain “ASYIK” Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5275-5283. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4558