Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Peserta Didik yang Pancasialis

Authors

  • Nurul Izzah Universitas Jambi, Indonesia
  • Rosaliani Rosaliani Universitas Jambi, Indonesia
  • Naleva Shinta Lena Universitas Jambi, Indonesia
  • Meiralda Meiralda Universitas Jambi, Indonesia
  • Anisa Janah Universitas Jambi, Indonesia
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4567

Abstract

Penanaman nilai-nilai pancasila di sekolah sangat penting dilakukan demi menumbuhkan generasi penerus yang pancasialis. Nilai-nilai pancasila ini dibangun dari pembiasaan berbagai aktivitas peserta didik di sekolah yang berpedoman pada pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai implementasi nilai-nilai pancasila di sekolah dasar dalam menumbuhkan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila sehingga tidak menghilangkan identitas jati diri bangsa Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan model deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa sudah terwujud penerapan nilai-nilai pancasila pada setiap sila di sekolah dasar. Penerapan ini masih perlu peningkatan lagi agar lebih maksimal. Membudayakan sekolah yang berpedoman pancasila akan melahirkan generasi muda yang memiliki karakter dan moralitas yang baik.

Published

2024-06-02

How to Cite

Izzah, N., Rosaliani, R., Lena, N. S. ., Meiralda, M., Janah, A., Destrinelli, D., & Sofwan, M. (2024). Penerapan Nilai-nilai Pancasila di Sekolah Dasar dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Peserta Didik yang Pancasialis. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5789-5794. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4567