Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Pembelajaran IPA Kelas V

Authors

  • Erpi Zahara Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Asep Sukenda Egok Universitas PGRI Silampari, Indonesia
  • Sujarwo Sujarwo Universitas PGRI Silampari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4582

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flashcard pada pembelajaran IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDIQ  Ar-Risalah berjumlah 20 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki , 11 siswa Perempuan, dan seorang guru kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis berupa soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli Bahasa, ahli materi, ahli media) yaitu 0,90 dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan (siswa dan guru) 91,66%  dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan N-Gain Score yaitu 0,78 dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian maka pengembangan media pembelajaran Flashcard valid, praktis dan efektif.

Published

2024-06-02

How to Cite

Zahara, E. ., Egok, A. S. ., & Sujarwo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Pembelajaran IPA Kelas V. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5896-5900. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4582