Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Pembelajaran IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4582Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flashcard pada pembelajaran IPA kelas V SDIQ Ar-Risalah yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDIQ Ar-Risalah berjumlah 20 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki , 11 siswa Perempuan, dan seorang guru kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis berupa soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata validasi (ahli Bahasa, ahli materi, ahli media) yaitu 0,90 dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan (siswa dan guru) 91,66% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan N-Gain Score yaitu 0,78 dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian maka pengembangan media pembelajaran Flashcard valid, praktis dan efektif.