Pengaruh Kinerja Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Performasi Siswa di MAN 2 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4593Abstract
Penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh kinerja kepala madrasah dengan performasi siswa? 2) Adakah pengaruh kinerja guru dengan performasi siswa? 3) Adakah pengaruh kinerja kepala madrasah dan kinerja guru secara Bersama-sama terhadap performasi siswa?. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuesioner menggunakan google form. Hasil penelitian menemukan bahwasannya: 1) Kinerja kepala madrasah berpengaruh positif. Signifikansi kinerja kepala madrasah (X1) terhadap performasi siswa (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 9,575 > nilai t table 1,9844. Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima. Artinya pengaruh kinerja kepala madrasah terhadap performasi siswa secara signifikan; 2) Kinerja guru berpengaruh positif. Signifikansi kinerja guru (X2) terhadap performasi siswa (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 9,390 > nilai t table 1,9844. Maka H01 ditolak dan Ha1 diterima. Artinya terhadap kinerja guru terhadap performasi siswa secara signifikan; 3) Signifikansi kinerja kepala madrasah (X1) dan kinerja guru (X2) berpengaruh positif terhadap performasi siswa (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan F hitung 71,473 > nilai F tabel 3,09. Hal tersebut membuktikan bahwasannya H03 ditolak dan Ha3 diterima. Artinya pengaruh kinerja kepala madrasah (X1) dan kinerja guru (X2) terhadap performasi siswa secara signifikansi.