Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas 3 SD Negeri 15 Nyiin

Authors

  • Gracia Angelica Friensi Lasta Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Nyoto Hardjono Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4606

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn peserta didik di SD Negeri 15 Nyiin Kecamatan Jelimpo. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 yang berjumlah 32 anak. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan pembelajaran selama penelitian, dan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar PKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn peserta didik kelas 3 SD Negeri 15 Nyiin. Hasil keaktifan peserta didik terdapat siswa yang tidak tuntas dan tuntas. 32 peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 40,62% atau 13 peserta didik dan peserta didik yang tuntas sebanyak 59,37% atau 19 peserta didik. Dari hasil analisis yang di dapat hasil belajar PKn mengalami peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2 yaitu 45% ke 93%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dalam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas 3 SD Negeri 15 Nyiin.

Published

2024-05-17

How to Cite

Lasta, G. A. F. ., & Hardjono, N. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas 3 SD Negeri 15 Nyiin. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 5149-5155. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4606