Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP BPI dan SMP Pasundan 1 Kota Bandung

Authors

  • Waluya Wahid Utama Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Engkus Kuswarno Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Radjamansyah Radjamansyah Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.461

Abstract

Secara spesifik penelitian ini bertujuan untuk menggali, menganalisis dan memperoleh data tentang : Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan.dan evaluasi kompetensi manajerial Kepala SMP dalam Meningkatkan Kinerja guru. Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Kepala SMP BPI dan SMP Pasundan 1 untuk meningkatkan kinerja guru. Upaya Kepala SMP dalam mengatasi hambatan untuk meningkatkan kinerja guru. Dampak kompetensi manajerial kepala SMP terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif (Qualitative Descriptive Approach) . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan observasi berperan serta ( participan observation), wawancara mendalam (in depth interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian , yaitu: (1) Perencanaan telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang berlaku. Program ini dibuat dalam tim yang melibatkan beberapa unsur yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru yang diberi tugas sebagai tim pengembang sekolah dan perwakilan komite sekolah (2) Pengorganisasian, dilakukan secara berimbang dengan mengutamakan kinerja, kompetensi dan daftar urut kepangkatan (3) Pelaksanaan kompetensi manajerial dengan mengupayakan pembelajaran yang efektif dengan. meningkatkan kualitas gurunya , memberikan pelatihan-pelatihan. Untuk melihat kualitas kinerja guru, kepala sekolah melaksanakan supervisi, sekolah mentradisikan pemberian reward dan punishment. dalam melaksanakan kepemimpinannya dengam pendekatan demokratis. (4) Evaluasi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan melaksanakan monitoring evaluasi setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan, membuat pelaporan pelaksanaan program dan menindak lanjuti hasil evaluasi, (5) terdapat faktor pendukung dan penghambat bagi kepala sekolah, baik yang datang dari diri individu itu sendiri maupun dari luar individu seperti dari organisasi (sekolah) ataupun dari luar organisasi (6) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam menghadapi hambatan dalam meningkatkan kinerja guru, dengan revitalisasi MGMP dan MKKS, peningkatan profesionalisme, pembinaan disiplin tenaga kependidikan, menciptakan hubungan kerja yang harmonis., pemanfaatan teknologi dan informasi, reward dan punishment,peningkatan kualitas sarana dan prasarana, optimalisasi anggaran (7) Dampak implementasi kompetensi manajerial kepala sekolah di dua sekolah tersebut kinerja guru sangat baik.

Published

2022-03-01

How to Cite

Utama, W. W., Kuswarno, E., & Radjamansyah, R. (2022). Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP BPI dan SMP Pasundan 1 Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 752-760. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.461