Pengaruh Transformasi Digital Marketing Sebagai Langkah Recovery Bisnis UMKM di Era VUCA

Authors

  • Alfatih S. Manggabarani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia
  • Iwan Kresna Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia
  • Munasiron Miftah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4633

Abstract

Perubahan yang masif dalam berbagai aspek kehidupan menciptakan dinamika dan perubahan yang jauh lebih cepat dan beragam dibandingkan apa yang sudah dihadapi selama ini. Akselerasi gelombang perubahan tersebut pada akhirnya membuat semua pihak baik di dunia bisnis, pemerintah, maupun masyarakat menghadapi fenomena volatility, uncertainty, complexity, ambiguity (VUCA). Penelitian ini fokus untuk mengetahui pengaruh penerapan transformasi digital marketing di era VUCA terutama saat pelaku usaha UMKM menghadapi revolusi industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan transformasi digital marketing di era VUCA terhadap UMKM. Dampaknya adalah semakin sulit dalam mengidentifikasi hubungan sebab akibat di antara interaksi ini.Sama halnya dengan uncertainty yang membuat pemodelan ekonomi sederhana semakin tidak realistis, kondisi complexity membuat hubungan kausalitas linier dalam pemodelan ekonomi telah mencapai batasnya dan kurang berfungsi lagi.Dengan kata lain, hubungan antar variabel sangat kuat sehingga faktor eksternal dan internal yang sama masih dapat menghasilkan output atau reaksi sistem yang sangat berbeda. Sementara itu dalam ekonomi mikro, misalnya perusahaan manufaktur, semakin tinggi nilai kompleksitas, maka strategi kualitas perlu diprioritaskan untuk meningkatkan kinerjanya. Dengan kata lain, di era VUCA, complexity berpotensi menghasilkan peningkatan kualitas struktural jika berhasil diatasi.

Published

2024-05-17

How to Cite

Manggabarani, A. S., Kresna, I. ., & Miftah, M. . (2024). Pengaruh Transformasi Digital Marketing Sebagai Langkah Recovery Bisnis UMKM di Era VUCA. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 5140-5148. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4633