Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan

Authors

  • Retno Palupi Universitas Pancasakti Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Pancasakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466

Keywords:

Model ATIK, Kognitif, Permainan Balok

Abstract

Permainan Tata Balok merupakan salah satu permainan yang mengembangkan Kognitif anak Usia Dini, faktanya permainan tersebut berkurang bahkan hilang ketika anak memasuki jenjang Sekolah Dasar, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ATIK dalam meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tata Balok di PAUD RAMA RAMA kota Tangerang Selatan. Hal ini disebabkan karena banyak terjadi kegagalan dalam membelajarkan anak PAUD pada pada perkembangan kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru di PAUD RAMA RAMA kota Tangerang Selatan dengan analisis data model Borg & Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan pada uji efektivitas, maka Model ATIK ini efektif dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tata Balok.

Published

2022-02-16

How to Cite

Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621-627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>