Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PjBL pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Riska Aprilia Harahap Universitas Jambi, Indonesia
  • Endah Yunita Universitas Jambi, Indonesia
  • Irma Armelia Saputri Universitas Jambi, Indonesia
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Jambi, Indonesia
  • Destrinelli Destrinelli Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4665

Abstract

Penelitian ini dilangsungkan guna mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keaktifan belajar siswa. Walau guru memegang kendali utama terhadap proses pembelajaran, model pembelajaran PJBL memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikannya. Mendorong siswa untuk bertanya atau mengungkapkan apa pun yang mereka rasa tidak jelas atau tidak jelas dapat membantu mereka menjadi pembelajar yang lebih mahir. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilangsungkan di kelas V SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian ini hanya dilakukan dalam 1 siklus dan 2 pertemuan saja. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran PjBL. Dimana hasil penelitian menunjukkan nilai keaktifan siswa yang awalnya hanya 45% yang tergolong aktif di tahap pra-penelitian bertransformasi menjadi 85% siswa yang tergolong aktif diakhir penelitian. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh positif pada keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Published

2024-06-09

How to Cite

Harahap, R. A. ., Yunita, E. ., Saputri , I. A. ., Kurniawati, K., Destrinelli, D., & Sofwan, M. . (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PjBL pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6101-6105. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4665