Strategi Personal Branding Rudi Surya sebagai Konten Kreator Komedi Melalui Akun TikTok @Rudisuryaa

Authors

  • Salsa Billa Frisanti Sanin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Saifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4711

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana strategi personal branding yang dilakukan oleh Rudi Surya sebagai konten reator komedi melalui akun TikTok @rudisuryaa. Penulis menggunakan teori 11 kriteria pembentukan dasar personal branding oleh Rampersad. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rudi Surya dalam membangun personal branding menerapkan 11 kriteria menurut Rampersad yaitu Keontentikan, Integritas, Konsisten, Spesialisasi, Otoritas, Keberadaan, Relevan, Visibilitas, Kegigihan, Goodwill, dan Kinerja. Lalu personal branding yang dominan dilakukan oleh Rudi Surya terdapat 9 dari 11 kriteria yaitu Keoententikan, Integritas, Konsisten, Spesialisasi, Keberadaan, Relevan, Kegigihan, Goodwill, Kinerja. Oleh karena itu, Strategi personal branding yang dilakukan oleh Rudi Surya berfokus kepada konten komedi yang sesuai dengan karakter Rudi dalam dunia nyata. Sehingga Penggunaan media sosial TikTok sebagai pembentukan personal branding dirasa efektif karena melalui media sosial TikTok seseorang dapat dengan mudah menunjukan siapa dirinya melalui personal branding yang akan dibentuknya.

Published

2024-06-04

How to Cite

Sanin, S. B. F. ., & Zuhri, S. . (2024). Strategi Personal Branding Rudi Surya sebagai Konten Kreator Komedi Melalui Akun TikTok @Rudisuryaa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 6007-6012. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4711