Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru

Authors

  • Siti Rodiah Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Abstract

Penelitian dilakukan dalam rangka Implementasi Permainan Konstruktif untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui "Model ATIK” (Amati, Tiru, Kerjakan). Tujuan dari jenis penelitian ini adalah mengimplementasikan permainan konstruktif dengan model ATIK untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak TK Islam Assyifa Johar Baru Jakarta Pusat Tahun Ajaran 2021 - 2022 semester genap. Objek Penelitian adalah anak yang melakukan kegiatan pembelajaran dalam Sentra Balok melalui Permainan Konstruktif menggunakan Model ATIK. Tehnik dalam penelitian adalah observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan permainan konstruktiv menggunakan balok dengan MODEL ATIK dari siklus I ke siklus II ada diperoleh peningkatan dengan baik. Inilah yang menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak kelompok B meningkat setelah dilakukannya kegiatan menggambar dan menyusun balok melalui media yang diberikan guru dengan menggunakan MODEL ATIK di TK. Islam Assyifa T.A 2021-2022. Berdasarkan hasil penelitian untuk Guru dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, guru dapat menggunakan kegiatan permainan konstruktif dengan media balok menggunakan MODEL ATIK sedangkan untuk Sekolah dapat mengembangkan salah satu programnya yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan menggunakan MODEL ATIK.

Published

2022-02-21

How to Cite

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640-645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472