Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Film Upin Ipin Tema Pesta Cahaya

Authors

  • Wilda Kholilia Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • F. Saufika Hilyana Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur pendidikan dalam film kartun Upin dan Ipin dan menganalisis nilai-nilai sosial yang terkandung dalam film kartun Upin dan Ipin. nilai-nilai dalam kartun Upin dan Ipin. Unsur-unsur pendidikan terdiri dari peserta didik, pendidik, interaksi pendidikan antara peserta didik dan pendidik, materi atau isi pendidikan (kurikulum), konteks yang mempengaruhi pendidikan, alat dan metode, tindakan pendidik, evaluasi dan tujuan pendidikan. Dalam pendidikan ada beberapa nilai yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk bertindak, salah satunya adalah nilai sosial. Nilai-nilai sosial adalah nilai-nilai dasar yang menciptakan dan berinteraksi dengan manusia antara individu dan kelompok. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah analisis isi. Teknik data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengungkit data. Hasil penelitian nilai-nilai sosial yang terkandung dalam film Upin dan Ipin Pesta Cahaya adalah gotong royong, suka menolong, mencintai, hidup bersama, suka menasehati dan peduli terhadap orang lain.

Published

2022-03-01

How to Cite

Kholilia, W., Purbasari, I., & Hilyana, F. S. (2022). Nilai-Nilai Sosial dalam Cerita Film Upin Ipin Tema Pesta Cahaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 690-697. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.474