Analisis Kesalahan Ejaan pada Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Maya Safira Qutrinnida Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • M. Syaffruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan beberapa langkah yaitu: (1) Observasi. (2) Tahap Perencanaan. (3) Rumusan Masalah Penelitian. (4) Pelaksanaan Penelitian. (5) Pengecekan Kesalahan dan (6) Temuan. Pendekatan penelitian ini termasuk dalam penelitian linguistik dengan menganalisis ejaan karangan yang dibuat oleh siswa, instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Kesalahan penggunaan huruf kapital terdapat 27 kesalahan yaitu kesalahan penulisan di awal kalimat, kesalahan penulisan nama orang dan judul karangan. (2) Kesalahan penggunaan tanda baca yang ditemukan terdapat 6 kesalahan yaitu kesalahan pada akhir kalimat yang tidak diberi titik. (3) kesalahan dalam penulisan kata berimbuhan terdapat 7 kesalahan yaitu kesalahan dalam penulisan kata dengan awalan, dan kata dengan inisial dan akhiran.

Published

2022-03-01

How to Cite

Qutrinnida, M. S., Roysa, M., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan pada Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 747-751. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.476