Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia

Authors

  • Dwi Yuniati Ningsih Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Keywords:

Model ATIK, Motorik Halus, Menggambar, Krayon

Abstract

Kemampuan menggambar merupakan salah satu kemampuan yang dapat mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Faktanya kemampuan tersebut berkurang bahkan hilang ketika anak memasuki jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ATIK dalam meningkatkan Motorik halus anak dalam kegiatan menggambar menggunakan Krayon di PAUD Saya Anak Indonesia Kecamatan Cilincing Jakrta Utara. Hal ini disebabkan karena banyak terjadi kegagalan dalam memberika pembelajaran untuk anak Usia Dini pada kemampuan menggambar, dibuktikan dengan hilangnya kompetensi menggambar anak pada saat di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan Kelas anak Usia Dini. metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru di PAUD Saya Anak Indonesia Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara dengan analisis data model Borg & Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan pada uji efektivitas, maka Model ATIK ini efektif dalam Meningkatkan Fisik Motorik Anak Melalui kegiatan Menggambar Menggunakan Krayon.

Published

2022-02-22

How to Cite

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646-651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>