Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu

Authors

  • Evi Mulyati Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Keywords:

Model ATIK, Literasi Numerasi, Loosepart TK

Abstract

Literasi numerasi sebagai pengetahuan dan kecakapan yang erat kaitannya dengan pemahaman angka, simbol dan analisis informasi kuantitatif (grafik, tabel, bagan, dan sebagainya), sangat penting dipelajari generasi saat ini. Untuk itulah guna meningkatkan literasi numerasi menggunakan bahan loostpart melalui “Model ATIK” . Model Atik adalah singkatan dari Amati, Tiru, kerjakan. Loose part adalah media material lepas yang penggunaannya dapat beragamMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Metode Penelitian Tindakan Kelas adalah Penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan subtantif .Model proses dalam penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Taggart. Adapun Sasaran dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Diperoleh dari hasil penelitian tindakan kelas di TK Mutiara dengan jumlah siswa sebanyak 15 anak, diperoleh setelah menerapkan suatu Penerapan Model Atik untuk meningkatkan literasi Numerasi menggunakan bahan Looosepart setelah melakukan tindakan dari siklus I sampai pada siklus III, pada tindakan siklus I membahas materi tentang “Manfaat bahan looseparts pada peningkatan literasi Numerasi anak”, belum menampakkan hasil secara maksimal setelah dilaksanakan evaluasi. Pada perlakuan siklus II terjadi adanya peningkatan hasil dalam meningkatkan literasi Numerasi, dalam proses penelitian menggunakan model ATIK  terbukti efektif dalam meningkatkan literasi numerasi dengan menggunakan bahan loosepart pada anak TK Mutiara.

Published

2022-02-22

How to Cite

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652-656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>