Pengimplementasian Program Pendidikan Inklusif di Sekolah Inklusif di Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4793

Abstract

Dalam pembuatan artikel ini peneliti bertujuan untuk meneliti pengimplementasian pendidikan inklusif di Yayasan Mutiara Bunda. Didalam pelaksanaan pendidikan, terdapat teori yang dapat memperkuat suatu kegiatan pelaksanaan pendidikan tersebut. Teori konstruktivisme dapat dimaknai sebagai suatu deskripsi umum atau suatu sistem konseptual untuk memahami pengetahuan tentang bagaimana pengetahuan itu dinyatakan atau pengetahuan itu diterapkan. Subjek penelitian meliputi warga Yayasan Mutiara Bunda yaitu guru kelas, kepala sekolah, anak berkebutuhan khusus dan teman kelas anak berkebutuhan Khusus di Yayasan Mutiara Bunda. Peneliti menggunakan metode kualitatif karena dari data verbal dan wawancara yang diperoleh peneliti dapat mengetahui dan mendiskripsikan implementasi kebijakan pendidikan inklusif di Yayasan Mutiara Bunda. Berdasarkan dari hasil wawancara dan juga pengamatan yang dilakukan di Yayasan Mutiara Bunda, didapatkan kesimpulan bahwa Yayasan Mutiara Bunda memiliki kapabilitas untuk menerapkan program inklusi baik secara sarana dan prasarasa maupun program pembelajaran untuk peserta didik di segala kalangan. Diharapkan program-program yang sudah terlaksana di Yayasan Mutiara Bunda dapat lebih ditingkatkan dan dapat secara konsisten terlaksana dengan baik.

Published

2024-07-03

How to Cite

Pengimplementasian Program Pendidikan Inklusif di Sekolah Inklusif di Indonesia. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7105-7109. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4793