Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi

Authors

  • Dwi Maharani Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Abstract

Kemampuan problem solving pada anak sangatlah penting karena anak dapat mengatasi persoalan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari seperti masalah berebut mainan dengan teman sebaya, kesulitan memahami aturan bermain dan lain-lain karena anak memiliki masalah yang berbeda dengan orang dewasa hal ini akan menstimulus aspek perkembangan pada anak salah satunya aspek  kognitif seperti dapat berhitung atau berfikir logis. Faktanya kemampuan berhitung pada anak sangat penting untuk memasuki jenjang sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ATIK dalam meningkatkan kompetensi berhitung  pada anak usia dini khususnya di TKIT AL WILDAN kota  Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran yaitu dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun, adapun Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana penelitian tersebut di lakukan di TKIT AL WILDAN  yang beralamat Kp. Cibitung Rt 002 Rw 04 Kelurahan Padurenan Kecamatan Mustika jaya Kota Bekasi dengan jumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan problem solving dapat mempengaruhi kemampuan berhitung pada anak usia dini.

Published

2022-02-22

How to Cite

Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480