Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa

Authors

  • Debora Rannu Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485

Keywords:

Implementasi, TV Sekolah, Pembelajaran, Semi Daring

Abstract

TV Sekolah adalah salah satu karya anak bangsa dan merupakan layanan pembelajaran berbasis televisi mobile yang berisi segala informasi tentang sekolah, kreativitas murid, serta program pembelajaran. Sejak masa pandemic Covid-19 dan New Normal semua aktivitas termasuk dunia Pendidikan mulai dari jenjang PAUD sampai ke Perguruan Tinggi, menerapkan pembelajaran dengan sistim jarak jauh atau daring. Kondisi ini bukan hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi semua pelosok mengalami dampak yang sama termasuk didaerah bagian timur Indonesia. Pembelajaran semi daring merupakan sebuah kombinasi antara pembelajaran model daring dan luring, melalui situasi dan kondisi inilah menjadi tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi TV Sekolah pembelajaran semi daring di TK Tunas Harapan Nusa, sebagai media informasi aktivitas anak dan guru baik di sekolah maupun kegiatan anak dirumah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang akan diamati di lapangan dengan lebih spesifik, transparan, dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TV Sekolah dapat bermanfaat sebagai media informasi kegiatan anak dan guru.

Published

2022-03-01

How to Cite

Rannu, D., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 822-828. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.485

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>