Efektifitas Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMP

Authors

  • Eva Priscilia Novianti Universitas Dr. Soetomo, Indonesia
  • Ahmad Hatip Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
  • Lusiana Prastiwi Universitas Dr. Soetomo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kolaborasi terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada mata pelajaran Matematika tingkat SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quaisi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YPPI 1 Surabaya tahun pelajaran 2023-2024. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII A berjumlah 24 siswa dan siswa kelas VII B berjumlah 22. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket. Hasil analisis angket keterampilan kolaborasi siswa menunjukan hasil perhitungan nilai uji N-Gain ukuran efek sebesar 4.3016 atau 4% dengan nilai minimum 0,00 dan nilai maximum 20,00 termasuk dalam kategori tidak efektif. Sedangkan nilai rata-rata (mean) N-Gain score skala pengukuran keterampilan kolaborasi pada kelas eskperimen (menerapkan model pembelajaran kolaboratif) memperoleh nilai 57,6810 atau 58% dengan nilai minimum 16,67 dan nilai maximum 83,33. Dengan rata-rata N-Gain score 58% termasuk dalam kategori cukup efektif.

Published

2024-06-06

How to Cite

Novianti, E. P. ., Hatip, A. ., & Prastiwi, L. . (2024). Efektifitas Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Tingkat SMP. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5961-5969. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4906