Aktivitas Digital Penggemar JKT48: Studi Netnografi Pada Aplikasi Showroom
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.5024Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana Aktivitas digital yang dilakukan oleh FJKT48 pada platform Showroom. Hal ini didasari oleh fanatisme yang tinggi dari penggemar JKT48 terhadap idolanya, sehingga FJKT48 sebagai fandom mampu membantu JKT48 dalam meraih popularitas yang bertahan sampai saat ini dengan fanatisme tersebut memungkinkan hadirnya digital activism untuk mendorong adanya sebuah gerakan tertentu secara terorganisir dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian netnografi yang bertujuan untuk mengetahui adanya aktivitas yang terdapat dalam komunitas digital sehingga memunculkan adanya budaya penggemar yang ada didalamnya. Peneliti melakukan in dept interview kepada penggemar JKT48 yang menggunakan aplikasi Showroom dan observasi partisipan terhadap aktivitas digital yang dilakukan FJKT48 pada Showroom. Dari data yang dikumpulkan dan menganalisis data tersebut, peneliti menemukan bahwasannya terdapat digital activism dalam bagian digital fandom. Aktivitas digital fandom tersebut berupa pemanfaatan fitur – fitur yang ada dalam Showroom untuk membangun kedekatan antara penggemar dan juga kepada idolanya, penyebaran informasi, kampanye atau promosi dan dampak adanya Showroom. Digital activism yang dilakukan oleh FJKT48 adalah pelaksanaan kampanye online dan juga promosi online. Kampanye dan promosi online tersebut dilakukan untuk mendukung, menambah popularitas JKT48 dan juga semakin mempertahankan eksistensi JKT48 dalam industri musik Indonesia.