Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi

Authors

  • Husnawati Husnawati Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504

Abstract

Perkembangan motorik merupakan salah satu  yang harus diperhatikan  pada anak usia dini. Melakukan    kegiatan    yang mengandung    stimulus    komprehensif    akan    memberi kesempatan anak usia dini mengalami pematangan pada keterampilan motorik, dengan model belajar ATIK (Amati,Tiru,Kerjakan).Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ATIK dalam meningkatkan kompetensi berhitung pada anak usia dini khususnya di RA Aisyah Afiqannisa kota Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran yaitu dalam meningkatkan keberanian anak usia 5-6 tahun, adapun Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana penelitian tersebut di lakukan di RA Aisyah Afiqannisa yang beralamat Jl Kelinci 1 Rt 004 Rw 015 Kelurahan Kaliabang Tengah  Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan problem solving dapat mempengaruhi kemampuan keberanian pada anak usia dini.

Published

2022-03-16

How to Cite

Husnawati, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 915-919. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504